8 TRIK MEMPERCEPAT CLOSING

8 TRIK MEMPERCEPAT CLOSING
(ala Buku Cara Jitu Meyakinkan Calon Pembeli) berikut :


1. LIMITASI

Karakter dasar konsumen atau mungkin manusia pada umumnya, adalah suka menunda. Seringnya nanti-nanti, seringnya entar-entar. Benar kan?  Nah trik ini menjadi salah satu solusi untuk mempercepat pembelian oleh konsumen..

Trik ini sederhana, kita tinggal menginfokan ke calon pembeli kita bahwa periode promonya terbatas.  Misal ketika Anda akan membuat program promosi atau program pre order, infokan secara jelas, kapan promo dimulai dan kapan promo berakhir..

CATATAN: Anda perlu menginfokan secara jelas ketika berkomunikasi dengan calon pembeli, bahwa periode promo yang berlaku terbatas..


2. PRICING

Entah kenapa, mau itu pembeli menengah kebawah atau pembeli dari kalangan menengah atas tetap tetap suka jika ditawarkan harga diskon. Nah cara ini bisa menjadi cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat closing..

CATATAN: Anda bisa menerapkan teknik ini secara bervariasi di periode promo yang berbeda. Jadi jika ada 3 promo, tidak harus melulu pakai promo diskon. Mungkin ada yang promo voucher atau promo cashback..


3. MOMENTUM

Memanfaatkan momen ketika calon konsumen memiliki daya beli (Tanggal Muda) karena pada momen itu mereka sudah memiliki daya beli. Karena bagaimanapun promosi kita kalau mereka tidak punya daya beli, ya tidak beli juga..

CATATAN: Anda perlu menetapkan periode tanggal promo, terutama manfaatkan tanggal muda untuk mempermudah terjadinya closing.


4. SCARCITY

Apa itu scarcity? Scarcity adalah kelangkaan. Salah satu cara yang terbukti mempercepat pembelian konsumen. Biasanya setelah pembeli yakin, tetap saja ada penundaan pembelian. Misalnya nunggu bulan depan, nunggu tanya suami dulu dkk..

CATATAN: Pastikan bahwa produk yang Anda jual memang memiliki karakteristik sebagai produk yang spesial dan tidak pasaran agar teknik ini bisa bekerja efektif.


5. FEARNESS MOTIVATION

Pernah dengar istilah ini?
“Senin harga naik”

Saya yakin banyak dari kita yang sering dapat promo ini. Benar kan?
Atau sering dengar, “besok harga naik”

Mungkin banyak dari kita yang menertawakan cara ini, karena sering dipakai sebagai joke. Tapi tahukah Anda, cara ini masih terbukti ampuh untuk mempercepat terjadinya penjualan.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan cara menginfokan bahwa harga yang berlaku saat ini tidak berlangsung lama dan akan ada kenaikan harga menjadi harga normal

CATATAN: Ketika Anda menerapkan cara ini, pastikan tanggal kenaikan ini sudah diketahui oleh para calon pembeli.


6. AFTER SALES

Pada dasarnya konsumen yang yakin tetap masih punya keraguan jika kita tidak bisa menginfokan bahwa produk yang kita jual memiliki layanan sales yang baik. Seringkali yang terjadi adalah kita tidak punya layanan ini. Ujung-ujungnya, sudah diyakinkan bagaimanapun, tetap saja si calon pembeli tidak jadi beli.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Misalnya jika Anda adalah menjual layanan jasa, maka Anda perlu info tentang adanya layanan bantuan customer service jika ada keluhan atau pertanyaan..

CATATAN: Anda perlu menginfokan secara jelas tentang layanan ini di berbagai media promo yang akan Anda sebar..


7. VALUE ADDED

Ternyata ada karakteristik pembeli yang lebih suka membeli produk yang menawarkan value added. Yang lucunya, tidak sedikit pembeli yang mengejar value addednya dibanding produknya..

Apa itu value added? Value added atau dalam bahasa Indonesia adalah nilai tambah merupakan suatu hal yang kita berikan ke konsumen sebagai tambahan dari suatu pembelian produk..

Nah biasanya penerapan praktisnya adalah dengan memberikan bonus. Bonus ini seringkali mempercepat closing calon pembeli. Apalagi kalau bonusnya menarik..

CATATAN: Anda bisa memberikan info bonus kepada calon pembeli dengan berbagai cara. Misalnya bonus berupa hadiah atau bonus berupa layanan tambahan..


8. GUARANTEE

Salah satu cara mempercepat closing lainnya adalah dengan memberikan garansi. Garansi ini punya tujuan penting yaitu menyempurnakan keyakinan calon pembeli. Seringkali yang menjadi keraguan ketika akan membeli suatu produk adalah tidak adanya garansi..

CATATAN: Anda perlu menginfokan secara jelas tentang garansi yang berlaku untuk produk Anda. Misalnya garansi berlaku berapa lama, yang diberikan garansi untuk komponen produk apa dsb..


Sekian, semoga bermanfaat untuk anda ...

KRITIK DAN SARAN