CARA MEMBUAT PENGURUSAN PT CV SURABAYA

Badan Usaha

Badan Usaha adalah kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Badan Usaha seringkali disamakan dengan perusahaan, walaupun pada kenyataannya berbeda. Perbedaan utamanya, Badan Usaha adalah lembaga sementara perusahaan adalah tempat dimana Badan Usaha itu mengelola faktor-faktor produksi. Yang akan bagi adalah pengurusan membuat CV dan PT.


CARA MEMBUAT BADAN USAHA CV SURABAYA :

Kepanjangan dari CV adalah Comanditaire Venootschap. CV merupakan bentuk usaha yang hampir sama dengan PT (Perseroan Terbatas), namun yang membedakan Badan Usaha CV modal awal-nya tidak ada minimum sedang untuk PT adalah 50 juta (akan berbeda jika ada perubahan peraturan).


Kelebihan Perusahaan Persekutuan (CV) :

  • Permodalannya lebih besar dari perusahaan perorangan.
  • Kelangsungan hidup perusahaan lebih lama. 
  • Pengelolaan lebih mudah dan profesional karena banyak pengelolanya. 
  • Ide-ide inovasi lebih lancar mengalir.


Kekurangannya

  • Kerahasiaan perusahaan tidak terjamin.
  • Mudah terjadi konflik antar pemilik modal. 
  • Adanya pemilik modal yang tidak bertanggung jawab



Ada 2 cara Mendirikan/Membuat CV Usaha, yakni:

  1. Cara Ringkas, melalui Notaris langsung semuanya
  2. Cara Manual dengan mengurus sendiri beberapa hal.



Syarat Jasa Pendirian CV :
  • Pass Photo penanggung jawab/ direktur 3×4 berwarna 4 lembar.
  • Copy KTP pendiri (minimal 2 orang).
  • Copy sertifikat tanah / surat kontrak tempat usaha.
  • Stempel CV asli (dipinjam selama pengurusan).
  • Surat Keterangan Domisili Usaha dari Kelurahan ( dibuat setelah akte jadi ).
  • 6 lembar Materai Rp. 6.000,-


1. Cara Ringkas Mendirikan/Membuat CV 

Cara ini terbilang cukup mudah, yakni kita hanya menyiapkan syarat lalu memberikan ke jasa pengurusan CV atau PT. Mereka akan mengurus segala sesuatunya. POP JASA membantu Pendirian Ijin Usaha CV dengan biaya terjangkau.

Setelah menyerahkan Syarat buat CV di Surabaya Perusahaan/Usaha Anda maka pihak POPJASA akan memberikan hasil:

Akte Pendirian CV Surabaya, Pengesahan Pengadilan Negri Surabaya, NPWP (Nomor Pokok Wajib pajak) Badan/CV, TDP (Tanda Daftar perseroan), SIUP (Surat Ijin usaha perdagangan).


2. Cara Mengurus Sendiri Pembuatan CV

Kalo untuk biaya tergantung domilisinya yang terpenting dalam pengurusan jika biayanya tidak rasional tinggal buat pengaduan ke OMBUSMAN unit kerja dibawah langsung Presiden RI, yang menangani keluhan untuk pelayanan publik, pertama ke notaris terlebih dahulu selanjutnya, nanti kita diminta tentuin tujuan membuat CV itu buat apa aja?  ke notaris dan tunggu sekian hari hingga akhirnya akta itu jadi dan pastikan dah dapat tanda tangan panitera pengadilan.

Setelah jadi, kita ke kantor pajak ngurus NPWP. Setelah itu baru ke Disperindag Surabaya, bilang mo bikin CV surabaya. Kita akan dikasih 2 form yang harus diisi, yaitu formulir SIUP dan TDP (waktu di kantor lurah dan camat saya ndak bayar apa2, soalnya ga dimintain sih, hehe).

Setelah semua dilengkapi, kumpulkan kembali ke Disperindag dan jangan lupa dirangkap tiga. Udah deh, tunggu hingga jadi. Bila semua lancar, kurang dari dua pekan SIUP dan TDP dah bisa diambil di kantor Kecamatan dan sekali lagi saya ndak bayar apa-apa ke kantor Kecamatan kecuali biaya administrasi sebesar Rp. 10 ribu aja.  :D



CARA MEMBUAT BADAN USAHA PT

Perusahaaaan perseroan, adalah perusahaan yang semua modalnya berbentuk saham, yang jenis peredarannya tergantung jenis saham tersebut. Perusahaan perseroan dikelola secara profesional. Biasanya, perusahaan-perusahaan ini mencantumkan namanya kedalam bursa efek, untuk diperjual belikan.

Langkah awal adalah menentukan kualifikasi usaha berdasarkan SIUP sebagai berikut :

Perusahaan Besar / SIUP Besar, adalah perusahaan yang memiliki modal atau kekayaan bersih diluar investasi tanah dan bangunan atau modal disetor dalam Akta Pendirian / Perubahannya diatas Rp 10.000.000.000 (sepuluh milyar rupiah).
Perusahaan Menengah / SIUP Menengah, adalah perusahaan yang memiliki modal atau kekayaan bersih diluar investasi tanah dan bangunan atau modal disetor dalam Akta Pendirian / Perubahannya Rp 501.000.000 (lima ratus juta rupiah) sampai dengan Rp 10.000.000.000 (sepuluh milyar rupiah).
Perusahaan Kecil / SIUP Kecil, adalah perusahaan yang memiliki modal disetor atau kekayaan bersih diluar investasi tanah dan bangunan atau modal disetor dalam Akta Pendirian / Perubahannya Rp 51.000.000 (lima puluh juta rupiah) sampai dengan Rp 500.000.000 (lima ratus juta rupiah).

Tahapan Proses Pendirian PT di Surabaya

Tahap 1. Pengecekan & Pendaftaran Nama Perseroan;
Tahap 2. Pembuatan Akta Pendirian PT;
Tahap 3. Surat Keterangan Domisili Perusahaan;
Tahap 4. NPWP-Nomor Pokok Wajib Pajak;
Tahap 5. Pengesahan Menteri Kehakiman & Ham RI;
Tahap 6. Surat Domisili Usaha;
Tahap 7. SIUP-Surat Izin Usaha Perdagangan;
Tahap 8. TDP-Tanda Daftar Perusahaan.



Syarat Jasa Pendirian PT Surabaya:
  • Menyiapkan Nama ( kalobisa menyiapkan cadangan 3 ).
  • Copy KTP para pendiri ( minimal 2 orang ).
  • Copy sertifikat rumah/ surat kontrak rumah.
  • Pass Photo 3×4 berwarna 4 lembar.
  • Stempel PT ( bila nama PT sudah disetujui ).
  • Surat Keterangan Domisili Usaha ( dibuat setelah akte jadi ).

Anda akan mendapatkan Paket Jasa Pendirian PT Surabaya:
  • Pemesanan Nama PT.
  • Akte pendirian PT dari Notaris.
  • SK Menteri Kehakiman & HAM, TBN (tambahan berita negara) RI.
  • NPWP PT dan Pribadi.
  • SIUP dan TDP.


Demikian Informasi ini semoga dapat bermanfaat untuk semuanya!

KRITIK DAN SARAN